Senin, 14 Maret 2011

Jangan Panik! Separah Apapun Migrain Tidak Bikin Otak Rusak


Pada tingkat keparahan tertentu, migrain bisa menyebabkan mata berkunang-kunang akibat terganggunya aliran darah di otak. Meski demikian, penelitian terbaru memastikan migrain kronis sekalipun tidak akan menyebabkan otak mengalami kerusakan.

Jenis migrain yang menyebabkan kepala pening hingga mata berkunang-kuanng atau kabur di titik pusat penglihatan adalah migrain aura. Jenis migrain ini biasanya menahun dan sifatnya kambuh-kambuhan sehingga sangat mengganggu aktivitas.

Penelitian sebelumnya telah mengungkap, penderita migrain aura cenderung memiliki luka kecil pada pembuluh mikro di otak (microvessel). Keberadaan luka itu terdeteksi dengan salah satu alat pemindai paling mutakhir yakni magnetic resonance imaging (MRI).

Luka serupa juga ditemukan pada penyakit-penyakit degeneratif yang disebabkan oleh proses penuaan, misalnya diabetes dan tekanan darah tinggi. Biasanya, keberadaan luka itu berhubungan dengan kemunduran fungsi kognitif otak, yang berisiko tinggi menyebabkan kepikunan.

Namun penelitian terbaru yang dilakukan Dr Christophe Tzourio dari Universite Pierre et Marie Curie membuat para penderita migrain aura tak perlu cemas lagi. Dr Tzourio memastikan, luka pada pembuluh otak yang dipicu oleh migrain tidak merusak fungsi kognitif.

Kesimpulan ini ditarik setelah Dr Tzourio memeriksa 800 lansia berusia 65 tahun ke atas. Seluruhnya merupakan penderita migrain, sementara 15 persen di antaranya mengalami migrain kronis atau migrain aura.

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa luka kecil pada pembuluh otak tidak berhubungan dengan kerusakan fungsi kognitif pada lansia. Bahkan pada jenis migrain paling parah, Dr Tzourio tidak mendapati ada partisipan yang menjadi semakin pikun.

"Luka pada microvessel di otak memang ada pada penderita migrain. Namun kondisi ini tidak meningkatkan risiko penurunan fungsi kognitif," tulis Dr Tzourio dalam rilisnya seperti dikutip dari AFP, Rabu 





Sumber:http://health.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar