Jumat, 11 Maret 2011

Prajurit Elit Zaman Dulu

Sepanjang sejarah, berbagai peradaban di dunia mencapai kejayaan dan keruntuhannya. Pasang surut kejayaan suatu peradaban/kerajaan/kekaisaran di zaman dahulu tentunya didukung oleh kedigdayaan militer yang mumpuni. Berikut adalah prajurit-prajurit khusus yang pernah digunakan Raja-raja/Kaisar-kaisar hebat yang pernah menaklukan luas wilayah yang luas.

1.Hoplites
Hoplite merupakan pasukan reguler dari negara-negara kota di Yunani klasik. Mereka pada umumnya dipersenjatai perisai dan tombak yang panjang dan bertempur dalam posisi Phalanx. Hoplite terkenal akan keterlibatan mereka dalam banyak pertempuran yang dinarasikan dalam sejarah Yunani klasik. Salah satu contohnya adalah penaklukan Alexander Agung di mana dia menaklukan Asia Minor, Syria, Babylon, Mesir, Persia, hingga ke ujung pegunungan Hindukush.

Hoplite yang bertempur dalam posisi phalanx pun akhirnya mulai ditinggalkan setelah naiknya reputasi Kavaleri dalam pertempuran. Posisi phalanx yang kaku dapat dibuat menjadi bumerang bagi pasukan kavaleri yang mampu bermanuver cepat dan melelahkan bagi prajurit hoplite yang harus bergerak mengikuti manuver musuh jika mereka bertempur di dataran terbuka.

Perang penting
1.Perang Persia vs Aliansi Yunani
2.Perang penaklukan Alexander Agung

Pertempuran penting.
1.Battle of Thermopylae
2.Battle of Plataea
3.Battle of Guagamela


Ilustrasi Hoplites dalam formasi Phalanx 
İmage

Ilustrasi cara Hoplite bertempur dengan tombak 
İmage


2.Immortals


Sesuai dengan namanya, pasukan Immortals merupakan musuh mumpuni bagi prajurit manapun di dunia klasik. Digunakan secara khusus oleh raja-raja Persia, nama Immortals(tak pernah mati) diambil karena jumlah pasukan immortal tetap 10.000 dalam keadaan apapun. Setiap ada anggota yang mati atau tewas dalam pertempuran, kerajaan akan menyeleksi dari pasukan reguler untuk dimasukkan kedalam korps pasukan elit ini.

Immortals merupakan infantri kelas berat dan dipersenjatai berbagai macam senjata yang harus dibawanya ke setiap pertempuran. Perisai, Tombak, Pisau, Busur dan panah merupakan persenjataan reguler setiap anggota immortal. Baju zirah mereka akan tetapi dibuat lebih ringan untuk memudahkan mereka membawa senjata-senjata yg lebih berat. Hal ini terbukti fatal ketika Kaisar Xerxes melancarkan invasi besar-besaran ke Yunani. Immortals yang diadu dengan Hoplite tidak mampu menyaingi ketahanan Hoplite yang memakai perisai dan baju zirah dari perunggu yang lebih kuat .

Perang penting
1. Perang Persia vs Aliansi Yunani

Pertempuran penting
1.Battle of thermopylae
2.Battle of Plataea

Ilustrasi immortal dari pahatan dinding di Iran 
İmage


3.Legionaire


Pasukan reguler Kekaisaran Romawi ini merupakan prajurit-prajurit tangguh yang membawa Kekaisaran Romawi menjadi kekaisaran yang besar. Diperlengkapi persenjataan lengkap,(Baju zirah, perisai, helm serta pedang) Pasukan legionaire digunakan oleh kekaisaran Romawi untuk menaklukan daerah-daerah di Germania, Britania, Spanyol dan daerah-daerah pesisir mediterania lainnya. Berbeda dengan Praetorian yang merupakan pengawal khusus Kaisar Roma, Legionaire tidak dibolehkan masuk ke Roma karena prajurit berdasarkan undang-undang Roma, tidak dibolehkan berada di ibu kota kekaisaran. Oleh karena itu, sering kali Pasukan legionaire memiliki kedekatan yang lebih terhadap Jendralnya daripada Kaisar sendiri.

Pasukan legionaire termasuk senjata ampuh dalam menaklukan pasukan-pasukan musuh. Akan tetapi di masa-masa keruntuhan Roma, Kekaisaran romawi yang masih mengadopsi taktik perang dari Yunani terbukti tak mampu menghadapi ancaman pasukan-pasukan kavaleri dari dataran asia tengah yang dipimpin Attila.

Perang penting
1.Penaklukan Romawi

Pertempuran penting
1.Battle of Carthage

Rekonstruksi peralatan perang yang dikenakan Legionaire 
İmage

Praetorian, pasukan yang dijadikan detasemen pengawal kaisar Romawi 
İmage



4.Knights


Selepas keruntuhan Kekaisaran Romawi Barat, Eropa menganut sistem feodalisme di mana para tuan tanah memiliki prajurit-prajurit khusus yang mengabdi kepadanya. Knight merupakan prajurit-prajurit tersebut. Seringkali digambarkan sebagai pasukan berkuda. Para Knights umumnya diperlengkapi baju zirah yang lengkap dan dipersenjatai Perang,Tombak, Gada ataupun Rantai berduri untuk digunakan dalam serbuan kavaleri.

Prestasi knights bersinar ketika Kerajaan-kerajaan Eropa Meluncurkan Perang salib untuk merebut Palestina dan Syria dari tangan Sultan-sultan muslim.
Ordo-ordo keksatriaan yang berfungsi sebagai pasukan medis ataupun pengawal pun menjamur pada era Perang salib (abad ke 11-14)
contoh-contoh ordo Knights yang paling terkenal adalah Knights Templar, Teutonic Knights dan Hospitaller Order.

Perang penting
1.Perang Salib

Pertempuran penting
1.Battle of Hattin
2.Conquest of Jerusalem

Ilustrasi Knight Templar dengan ciri khasnya, Salib Merah 
İmage

Teutonic Knight dengan ciri khasnya, salib hitam 
İmage

Tidak ada komentar:

Posting Komentar