Kamis, 17 Maret 2011

Rambu Unik ‘Awas Orang Mabuk’


Rambu-rambu jalan seperti ‘Awas Ada Galian Kabel’, ‘Pelan-Pelan Banyak Anak-Anak’ dan sebagainya sudah biasa kita lihat. Tetapi pernahkah Anda melihat rambu jalan yang bertuliskan , ‘Awas, Orang Mabuk’. Di kota Pecica, Rumania, baru saja diperkenalkan rambu-rambu jalan khusus pemabuk untuk memperingatkan pengendara kendaraan bermotor yang melintasi kota tersebut. Di kota yang berpenduduk sekitar 13.000 jiwa ini, angka kecelakaan yang disebabkan oleh orang mabuk cukup tinggi. Demikian diberitakan oleh Telegraph,

Rambu berwarna merah cerah yang dilengkapi peringatan berbunyi, ‘Awas, Orang Mabuk’ ini bergambar seorang yang sedang merangkak dengan lututnya sambil mencengkeram sebuah botol di satu tangannya, didirikan di tempat-tempat strategis di dekat bar-bar dan restoran-restoran kota itu. Rambu jalan ini dibuat untuk memberi tanda kepada pengendara agar waspada terhadap pejalan kaki mabuk yang tidak bisa mengontrol diri bahkan kadang-kadang berbaring di jalanan.

Peter Antal, Wali Kota Pecica mengatakan bahwa gagasan pembuatan rambu tersebut muncul setelah dia mengunjungi sebuah kota di Jerman telah lebih dulu membuat rambu lalu lintas yang sama. Aparat kepolisian kota hampir putus asa untuk dengan angka kecelakaan di kota itu disebabkan oleh orang-orang mabuk namun dengan adanya rambu jalan tersebut diharapkan angka kecelakaan akan berkurang. Kota Pecica merupakan kota perbatasan yang dilintasi banyak kendaraan namun memiliki kehidupan malam yang cukup ramai. Menurut sang walikota, rambu-rambu tersebut memberi kontribusi positif dalam masyarakat bahkan wrga kota itu menyambut baik rambu-rambu yang unik tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar