Kamis, 28 Juli 2011

7 ALASAN SULIT MEMAAFKAN


 “Apalah arti sebuah maaf”, jika hanya diucapkan dibibir saja namun tidaklah tulus dari hati yang terdalam. Banyak orang mungkin mudah sekali mengatakan sebuah kata maaf padahal realisasinya kita harus mengerti apa kata maaf yang terkandung di dalam hati.
Memberi maaf kepada seseorang yang membuat kita kesal bahkan melukai hati kita mungkin memang sulit. Sulit juga bukan berarti tidak bisa hanya saja sedikit yang bisa kita beri meskipun dari dalam hati yang paling dalam masih ada luka maupun kesalahan orang lain yang sulit kita hapus. Kata maaf sendiri bukanlah bentuk perdamaian yang hakiki bila tidak dari hati, apa bedanya dengan musuh dalam selimut. Seseorang yang dipaksa berkata “A” padahal yang ingin dia katakan “B”.
Sulit sekali rasanya namun kita harus memiliki sikap “Tulus” hanya kata itu yang harusnya kita pelajari dan kita pahami dari makana kata tulus sehingga kita bisa memaafkan setiap pribadi yang memiliki kesalahan. 1001 alasan di dalam pikiran manusia untuk tidak memaafkan kesalahan orang lain, berikut ini 7 alasan yang menyebabkan mereka sulit memaafkan:
 
1.Harga diri
Kadang ketika kita melukai perasaan orang lain mungkin kita tidak sengaja menyebutkan kata-kata yang menginjak-injak harga diri mereka, sehingga sulit sekali kata maaf untuk diberikan kepada kita. Setiap orang memiliki harga diri yang tidak bisa dibeli dengan kekayaan apapun yang ada di dunia. Harga diri bersifat individu namun erat kaitannya dengan apa yang tuhan kasih kepada kita. Jadi pastkan jangan menyakiti seseorang sehingga membuat harga dirinya jatuh
 
2.Perkataan terlalu menyakitkan
Perkataan yang menyakitkan mungkin membuat sebagian orang sulit untuk memaafkan. perkataan ini bisa saja berupa perkataan yan tidak menyakitkan secara langsung dan juga mungkin saja bisa berupa perkataan sindirian. Kita tidak pernah tahu perkataan yang mungkin menurut kita baik-baik saja dan sewajarnya namun belum tentu penilaian orang lain.
 
 
3.Butuh waktu
Mungkin rentan waktu untuk memaafkan  tidak selamanya harus singkat seperti apa yang kita bayangkan. Sebagian orang butuh waktu yang cukup lama untuk melupakan kejadian yang menyakitkan di memori otaknya. Mungkin seiring berjalannya waktu bisa mengbah kebencian menjadi perdamaian.
 
4.Untuk Kebaikan orang lain
Ada juga, mungkin seseorang tidak ingin memaafkan karena mereka mau yang terbaik untuk dia dan orang yang tersayang. Apabila diberi maaf mungkin kata maaf itu bisa membuat orang lain terluka atau perasaan orang yang diberi maaf juga bisa terluka.
 
5.Kebaikan bersama
Jika kebaikan bersama untuk tidak bisa memberikan sebuah kata maaf tulus, mungkin itu adalah sebuah jalan terbaik yang telah diambilnya. Meskipun kebaikan buat dia belum tentu kebaikan untuk kita. Mungkin mereka punya cara pandang tersendiri mengartikan kata maaf.
 
6.Suka mengulanginya
Orang lain enggan memberikan maaf kepada seseorang yang pernah berkali-kali dikasih maaf namun pada akhirnya orang tersebut mengulangi lagi kesalahannya. Hal ini membuat orang yang ingin memberi maaf tidak percaya terhadap apa yang iya ucapkan.
 
7.Jaim
Keseringan seseorang tidak sadar atas  apa yang dilakukannya sehingga menyakitkan orangpun iya tidak tahu. Jaim atau gengsi kerap terjadi apabila anda hendak meminta maaf duluan karena anda merasa kesalahan bukan pada diri anda.
Berikut diatas hanyalah gambaran ketika sulit arti maafdiberikan, mungkin beberapa faktor diatas ada yang merupakan salah satu ciri dari anda yang sampai saat ini sulit sekali untuk diberi maaf. Jangan putus asa untuk mendapatkan maaf, hendaknya kita berusaha dan bersungguh-sungguh untuk mendapatkan maaf tulus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar