Rabu, 03 Agustus 2011

BERBAGAI MENU MAKANAN UNTUK BERBUKA PUASA

Hidangan Takjil
Istilah Takjil atau yang biasa kita kenal dengan hidangan berbuka puasa, dapat membantu proses pencernaan sehabis berpuasa seharian. Tak dapat kita pungkiri, menu takjil biasanya dihidangkan secara istimewa. 

Salah Satu menu takjil yang biasa di hidangkan adalah Kolak. Kolak merupakan jenis makanan yang biasa lazim di hidangkan sebagai menu untuk berbuka puasa. Kolak terdiri dari beberapa jenis buah, diantaranya Ubi dan pisang. Pisang yang biasa digunakan jenis pisang kepok yang memiliki rasa agak asam. Untuk menambah selera biasanya kolak juga di dihias dengan buah ceri yang berwarna merah sebagai penggugah selera.

Selain Kolak, ada satu menu lagi yang juga dapat dihidangkan sebagai hidangan takjil yaitu sop buah. Sop buah terdiri dari berbagai macam buah yang dicampur dengan gula sebagai penambah rasa manis dari rasa buah itu sendiri. Buah yang terdapat di dalam sop buah biasanya terdiri dari nangka, Kelapa, cery, Strawbery, Timun suri, Melon,belimbing, bengkoang dan masih banyak lainnya. Sop Buah biasanya di hidangkan dalam keadaan dingin sehingga dapat menggugah selera.

Takjil sendiri biasanya berupa makanan yang rasanya manis. Karena makanan yang manis-manis dapat melancarkan sistem pencernaan dan dapat mengembalikan energi yang sudah terbuang selama berpuasa. Karena Nabi Muhammad SAW pernah menganjurkan berbukalah dengan makanan atau minuman yang manis. Berbagai pakar kesehatan juga menyatakan bahwa berbuka dengan makanan atau minuman yang manis dapat menambah dan mengembalikan stamina tubuh. Mereka juga menyarankan minumlah teh manis hangat pada saat pertama kali berbuka karena supaya saluran pencernaan tubuh tidak "kaget" saat menerima makanan

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar