Senin, 01 Agustus 2011

INDAHNYA BULAN SUCI RAMADHAN

Bulan suci ramadhan telah datang, bulan ini adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh kaum muslim karena bisa dibilang bulan inilah yang paling istimewa diantara bulan-bulan yang lain. Pada bulan ini umat islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa, Tentu saja puasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga dari waktu imsak sampai berkumandang adzan maghrib tetapi juga menahan segala hawa nafsu.

Berbicara tentang bulan ramadhan pada tahun ini insyaAllah jatuh pada bulan Agustus, Biasanya pada bulan inilah gencar-gencarnya diadakan event-event untuk memperingati hari kemerdekaan indonesia. Lalu Bagaimana nasibnya event-event tersebut apabila bulan ramadhan bertepatan dengan bulan agustus ?
  1.  Semuanya Dilaksanakan di Awal
    Saya sendiri yang masih berstatus sebagai siswa di Madrasah Aliyah tentu merasakan hal ini, Misalnya saja seperti Gerak Jalan, Lomba dll. dilaksanakan pada bulan Juli, Jadi ?? hampir mirip sebagai Julian daripada Agustusan. Tetapi tidak apa-apa lah, lebih baik ada daripada tidak ada :-).
  2. 17 Agustus ?
    Pasti pada tau kan kalau tanggal 17 Agustus itu hari kemerdekaan republik kita tercinta, Nah berhubung bertepatan dengan bulan suci ramadhan maka upacara proklamasi Tetap dilaksanakan sesuai jadwal :-). Menurut informasi yang saya dengar si begitu.
Nah setelah membahas tentang fenomena yang biasanya terjadi pada bulan agustus, Sekarang masuk ke inti pembahasan yaitu tentang Keindahan Bulan Suci Ramadhan, Kenapa bulan ini Paling Ngangenin ?.
  1. Pintu Neraka dan Pintu Surga

    Pada bulan ini pintu neraka ditutup dan semua pintu surga dibuka, Juga Para setan dibelenggu. lalu yang biasa menjadi pertanyaan, jika setan dibelenggu kenapa masih ada manusia yang melakukan maksiat ? hal itu dikarenakan jiwa manusia tersebut telah kotor, sehingga tanpa ada yang membujuk sekalipun akan tetap melakukan maksiat. Makanya itu marilah dibulan suci ini kita membersihkan jiwa kita dari kotoran – kotoran yang menempel agar kita mendapat manfa’at dari bulan suci ramadhan ini.
  2. Sahur dan Berbuka Puasa

    yup, inilah sa’at yang sangat ngangenin, Bagaimana tidak ? pada waktu inilah kita biasanya berkumpul dengan keluarga, sahur bersama, berbuka bersama. Dan kesan sa’at sahur yang waktu mata masih lengket dibangunkan diajak sahur dan ketika standby di meja makan menunggu Berkumandangnya Adzan Maghrib yang menjadi tanda telah tuntas perjuangan kita menahan lapar, dahaga, dan hawa nafsu selama satu hari :-).
  3. Pulang Lebih Awal

    Pastinya ini yang paling disukai, kalau biasanya pulang sekolah pukul 13.00 atau 13.30, tetapi pada bulan ini maksimal pukul 10.30 atau 11.00 sudah berada di rumah.
Sekian. Itu hanya sedikit dari sekian banyak kesan – kesan yang tidak terlupakan selama bulan suci ramdhan dan semoga kita masih bisa merasakan indahnya bulan suci ramadhan. Bagaiman dengan anda ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar