Minggu, 25 Juli 2010

KPI tegur tayangan adegan ciuman KD

Komisi Penyiaran Indonesia KPI hari ini menegur empat stasiun televisi yang dianggap menayangkan adegan ciuman penyanyi Krisdayanti dan seorang teman prianya.
Komisi yang berwenang mengawasi isi siaran televisi dan radio ini juga mempersoalkan waktu jam tayang program tersebut yang bertepatan dengan saat anak-anak berada di depan televisi.
"Penayangan

adegan ciuman semacam itu dilayar kaca adalah sesuatu yang berpotensi menimbulkan dampak buruk pada anak-anak," ujar Nina Mutmainah, salah seorang pimpinan KPI.
"Dampak yang paling gampang adalah, itu bisa ditiru oleh anak-anak. Apalagi banyak dari acara tersebut menampilkan klasifikasi R [Rated atau khusus untuk orang dewasa] dengan jam tayang pagi hari, siang hari dan sore hari dimana banyak anak dan remaja sedang menonton televisi," tambah Nina.
Keempat stasiun televisi yang ditegurKPI adalah Trans TV, Trans7, Indosiar dan SCTV.
Selanjutnya Nina Mutmainah menambahkan bahwa surat teguran KPI ke beberapa stasiun televisi di Indonesia ini beragam tingkatnya.
"Ada yang merupakan teguran tertulis pertama dan ada juga yang sudah merupakan teguran tertulis kedua. Dan kami minta agar stasiun televisi tidak lagi melakukan kesalahan yang sama," tegas dia.
Nina menambahkan, apabila televisi tersebut tetap menayangkan adegan seperti itu, pihaknya akan meningkatkan sanksi terhadap mereka.
Lebih lanjut apabila teguran itu tidak juga ditaati, komisi yang kedudukannya setingkat dengan lembaga negara ini dapat meninjau izin televisi tersebut.

SCTV janji selidiki

Penayangan adegan ciuman semacam itu dilayar kaca adalah sesuatu yang berpotensi menimbulkan dampak buruk pada anak-anak
Komisi Penyiaran Indonesia
Salah-satu stasiun televisi yang ditegur, yaitu SCTV, berjanji untuk mengevaluasi isi tayangan tersebut dan meminta maaf kepada masyarakat.
Kepala Departemen Humas SCTV Uki Hastama mengatakan pihaknya menyadari dari semua program yang mereka siarkan, pasti ada satu dua yang lolos dari pengawasan.
"Soal lolos atau tidak lolosnya satu acara tersebut, pasti ada faktor dibelakangnya. Itu yang harus kami lihat dahulu karena ada yang mungkin merupakan bagian dari tayangan sehingga sulit diputuskan karena masuk dalam grey area," kata Uki Hastama.
Tentang jam tayang yang dipermasalahkan oleh KPI, Uki mengaku sulit untuk mentaati teguran KPI tersebut karena siaran ini disebut digemari oleh masyarakat.
Namun dia menjanjikan untuk terus meningkatkan sensor terhadap isi tayangan infotainment. Data KPI menyebutkan keempat staisun televisi itu menayangkan siaran hiburan itu pada pagi hari, siang hingga petang hari.
Sementara itu di situs jejaring sosial, grup yang muak dengan Krisdayanti didukung sekitar 55 ribu orang.

KD minta maaf

Krisdayanti sendiri menggelar jumpa pers di Jakarta untuk menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia atas aksi ciumannya dengan Raul Lemos, beberapa hari lalu.
Atas nama pribadi dan mewakili Raul Lemos, yang tidak bisa hadir, Krisdayanti meminta maaf pada seluruh masyarakat Indonesia. Dia mengatakan telah khilaf melakukan aksi ciuman itu dengan Raul.
"Dari lubuk hati saya yang paling dalam, lewat jumpa pers ini, saya ingin menyampaikan permohonan maaf, agar dibukakan pintu hati yang seluas-luasnya untuk memaafkan saya," kata Krisdayanti yang didampingi Elsie Lontoh, dalam jumpa pers di bilangan HOS Cokroaminoto, Jakarta Pusat, Jumat (23/07) seperti dilaporkan media di Indonesia.
http://www.bbc.co.uk/indonesia/berita_indonesia/2010/07/100723_krisdayantikissingontelly.shtml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar