Minggu, 25 Juli 2010

Tips Pemakaian Kulkas Hemat Listrik


Mungkin secara logika, kita fikir bahawa pengisian kulkas yang penuh akan boros terhadap daya listrik, karena akan lebih banyak lagi daya yang harus keluar untuk membuat seluruh apa yang ada didalamnya menjadi dingin/segar. Tetapi pada kenyataannya logika tersebut salah, pendapat ini jug dibantah oleh Pemerintah dan pakar AS yang mengemukakan bahwa mengisi kulkas sampai penuh malah menghemat energi listrik. Kenyataanya makanan yang ada didalam dan memenuhi kulkas malah akan saling mendinginkan. Tapi agar proses itu terjadi, maka dibutuhkan sedikit ruang di antara makanan agar sirkulasi udara dan pendinginan semakin sempurna. Selain itu bagian freezer juga harus ditutup rapat.
Tetapi bagaimana jika makanan tidak cukup untuk memenuhi bagian freezer? Hal tersebut kita bisa mengatasinya dengan menempatkan nampan es batu atau kontainer air di dalamnya.
Ketika kulkas dalam kondisi penuh, makanan yang sudah beku tidak meleleh sampai beberapa waktu meskipun listrik mati dan pintu kulkas tidak dibuka. Beberapa kontainer air di dalam kulkas juga meminimalkan udara hangat menerobos saat pintu kulkas dibuka-tutup.
Ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan untuk menghindari mesin pendingin kulkas bekerja ekstra, yaitu salah satunya dengan membiarkan makanan panas didinginkan terlebih dahulu, sebelum dimasukkna ke dalam kulkas.
Selain itu baiknya tidak membuat es batu dengan air hangat apalagi panas. Makanan basah juga perlu ditutup agar mesin pendingin tidak bekerja ekstra untuk

menguapkan kelembaban dari makanan itu.

Menggunakan temperatur sesuai rekomendasi juga membantu menghemat energi. Misalnya dengan menyetel suhu 2 – 4 derajat celcius untuk di dalam kulkas dan sekitar -15 derajat celcius di dalam freezer.
Tutup pintu kulkas menutup dengan benar-benar rapat dan bersihkan kumparan mesin pendingin sesuai petunjuk buku manual. Berikan ruangan yang cukup di bagian belakang kulkas agar udara hangat yang dihasilkan mesin dapt dikeluarkan dengan baik.
Minimalkan membuka-tutup kulkas. Mengambil atau meletakkan beberapa makanan sekaligus lebih baik dari pada terlalu sering buka-tutup kulkas untuk mengambil atau menaruh makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar