Sabtu, 10 Juli 2010

Kandidat Pemain Terbaik Piala Dunia 2010

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG--FIFA mengumumkan 10 nama kandidat peraih gelar pemain terbaik piala dunia 2010. Ke-10 kandidat diseleksi oleh tim teknik FIFA yang terdiri dari pengamat, mantan pemain dan pelatih, di antaranya Kalusha Bwalya, Christian Karembeu, Jomo Sono, dan GĂ©rard Houllier.

Kandidat pemain terbaik didominasi punggawa tim Matador Spanyol. Tercatat tiga pemain La Furia Roja --julukan Spanyol-- masuk sebagai kandidat peraih bola emas. Mereka adalah Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan David Villa. Rival Spanyol di final, Belanda, menyertakan dua wakilnya sebagai kandidat pemain terbaik. Wesley Sneijder dan Arjen Robben menjadi pemain Oranye di daftar pemain terbaik versi FIFA.

Tim Panser Jerman diwakilkan oleh Bastian Schweinsteiger dan Mesut Oezil. Sedangkan Diego Forlan menjadi satu-satunya wakil Uruguay daftar kandidat bola emas. Yang menarik, tim yang tersisih di babak perempat final juga turut menyumbangkan pemainnya di daftar kandidat peraih bola emas. Mereka adalah Asamoah Gyan (Ghana) dan Lionel Messi (Argentina).

Kemunculan nama Messi cukup mengejutkan. Ini karena pemain asal klub Barcelona itu gagal mencatat satu gol pun sepanjang berlangsungnya kompetisi. Terlepas dari hal itu, gelar bola emas piala dunia tampaknya akan jatuh pada pemain yang tampil di final.

Dua nama mengerucut sebagai kandidat utama, yakni Xavi Hernandez dan Wesley Sneijder. Xavi selama ini menjadi kunci permainan Spanyol di lini tengah. Sementara kreativitas dan ketajaman Sneijder berjasa mengantarkan negaranya lolos ke partai final. Uniknya, tak satupun nama pemain tim Samba Brasil masuk sebagai nominasi. Selama ini, pemain Brasil menjadi langganan nominator dan peraih bola emas piala dunia.

Daftar peraih bola emas pada piala dunia sebelumnya

1982 FIFA World Cup™ Spanyol : Paolo Rossi (Italia)

1986 FIFA World Cup™ Meksiko: Diego Maradona (Argentina)

1990 FIFA World Cup™ Italia: Salvatore Schillaci (Italia)

1994 FIFA World Cup™ Amerika Serikat: Romario (Brasil)

1998 FIFA World Cup™ Prancis: Ronaldo (Brasil)

2002 FIFA World Cup™ Korea / Jepang: Oliver Kahn (Jerman)

2006 FIFA World Cup™ Jerman: Zinedine Zidane (Prancis)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar